Thursday, October 24, 2019

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa ) Desa Sidoharjo Masa Bhakti TH 2019 - TH 2025

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah  Janji Anggota  BPD (Badan Permusyawaratan Desa )
Desa Sidoharjo Masa Bhakti TH 2019 - TH 2025


Sentralpatinews.com
Bertempat Bale desa Sidoharjo Kecamatan Pati berlangsung dilaksanakan pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa yang diselenggarakan rabu malam (9/10/19) yang dimulai dari pukul 19.30 hingga selesai .
Acara tersebut hadir Kepala desa Sidoharjo Siswoyo , Muspika Pati diantaranya camat pati Martinus Budi Prasetiyo S.Sos , Danramil 01 pati Kapten Yahudi , Kapolsek Pati Kota Iptu Sahlan serta disaksikan segenap ketua RT RW Tokoh  Masyarakat desa setempat.
Dalam pelaksanaan pengambilan sumpah janji yang langsung dilantik oleh camat pati sekaligus dalam penandatanganan berita acara oleh segenap anggota BPD yang dilantik .

Camat Pati dalam sambutanya mengatakan BPD mempunyai peran penting dalam data pemerintahan desa yaitu sebagai penyeimbang dan penyampaian aspirasi masyarakat , oleh karena itu BPD harus bisa bekerjasama dan bersinergi dengan pemerintah desa dalam rangka menyukseskan program pembangunan desa masing masing.
keterwakilan kuota perempuan dalam keanggotaan BPD lanjutnya diharapkan dapat mendorong kemajuan tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat .
Beberapa desa di wilayah kecamatan Pati perwakilan perempuan dalam BPD sudah cukup memadai ini merupakan suatu kemajuan untuk peran wanita dalam keterangan Camat Pati .

Menurutam keteraangan Camat Pati Budi Prasetiyo daalam menyinggung rencana pelaksanaan pilkades serentak pada bulan desember mendatang camat pati menjelaskan pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dibeberapa desa diantaranya ada empat desa wilayah kecamatan pl pilkades ti yakni Desa Mulyoharjo Desa Gajahmati Desa winong Desa Payaang .
sesuai acuhan jadwal pilkades serentak nanti sesuai tahapan persiapan adalah pembentukan  panitia tingkat desa mulai tanggal 3 oktober hingga 10 oktober dalam penbentukan panitia trsebut melibatkan kepala desa serta BPD  , adapun persiapan oleh camat pati meliputi sosialisasi Perda No11 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan Perda No 9 Tahun 2018 dan aturan pelaksanaanya .
oleh karena itu kepada pemerintah desa dan panitia pilkades juga memfasilitasi perencanaan oengusulan ,penggunaan dan pertanggung jawaban anggaran pilkades tersebut .
Antisipasi kerawanan pilkades pihaknya juga melakukan pemetaan desa rawan konflik
Camat Pati Budi Prasetiyo berharap dalam pilkades serentak nanti untuk kecamatan pati mudah mudahan dalam kondisi aman dan kondusif .

Kepala desa Sidoharjo Siswoyo juga berharap BPD yang telah resmi dilantik dapat bekerjasama yang baik dan bersinergi dengan  pemerintahan desa yang telah dipimpinya agar program program desa yang telah direncanakan dapat berjalan lancardan tepat pada sasaran.
BPD sebagai kontrol jadi jangan segan segan untuk menegur kinerja pemdes apa bila menyimpang tdk sesuai dengan program progrm desa yang sesuai dengan aturan tegas Siswoyo .
selama dalam kepemimpinanya ia menerapkan sistem keterbukaan dan transparasi dalam pengelolaan pemerintah desa termasuk dengan BPD ,  ujar Siswwoyo .
seehingga lanjutnya kinerja pemerintah desa dengan BPD dapat saling sinergi dan harmonis  .
                    ( Luky SPn )
Comments


EmoticonEmoticon

Related Post