Sunday, October 28, 2018

Bangun Pemuda Satukan Indonesia


Bangun Pemuda Satukan Indonesia

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
bertindak sebagai Inspektur Upacara
hari Sumpah Pemuda di Alun Alun
Pati Jateng


Sentralpatinews.com
By: (004/imp)

Pati - Sumpah Pemuda merupakan tonggak dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, yang dilakukan para pemuda Indonesia dari berbagai daerah 90 tahun yang lalu. Dan memutuskan cita cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Bangun Pemuda Satukan Indonesia merupakan tema dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2018 di Alun-Alun Pati, Minggu (28/10/18). Bertindak sebagai Inspektur upacara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, hadir pula Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan jajaran Forkompimda.

Rangkaian upacara Hari Sumpah Pemuda
di Alun Alun Pati Jawa Tengah

Dalam sambutannya Ganjar juga mengingatkan bahwa bangsa Indonesia berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

"Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, dan menyatukan Indonesia", tutur Ganjar dalam sambutannya.
Disadari Ganjar, perkembangan dan kemajuan pemuda juga akan mempunyai sisi negatif. "Maka arus informasi yang destruktif, hoax, pornografi, pergaulan bebas, dan dan radikalisme harus dibendung dengan filter ilmu pengetahuan dan kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara. Perlu revolusi mental untuk mewujudkan pemuda yang maju. Dengan pemuda yang maju kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat", imbuhnya.

Usai memimpin upacara peringatan
Hari Sumpah Pemuda saat diwawancari awak media dengan adanya situasi politik yang memanas jelang tahun politik, menyampaikan, "Pemuda diharuskan untuk  bisa mendinginkan suasana, jangan sampai ikut arus. Sebab arus informasi kini luar biasa dan sering kali tidak bisa dikontrol, pemuda harus bisa mengontrol. Pemuda harus jadi pelopor dan bangkit untuk melahirkan semangat Sumpah Pemuda kembali di era kekinian. Teknologi informasi  hampir mempengaruhi semua perilaku hidup manusia. "Pemuda harus smart, harus bijaksana dan harus mempersiapkan diri untuk merespon perkembangan yang mutakhir itu. Maka ayo pemuda dengan sumpahnya kita tegakan bendera merah putih bukan bendera yang lain", tegas Ganjar

Dengan diambilnya tema Bangun Pemuda Satukan Indonesia pada peringatan tahun ini, pemuda diharapkan untuk bisa meningkatkan kapasitas pengembangan sumber daya serta daya saingnya.

Sumber: (hms)
Comments


EmoticonEmoticon

Related Post