Semakin Maraknya Heboh Bencana , Bupati Pati Tinjau Langsung Lokasi Banjir

Semakin Maraknya Heboh Bencana , Bupati Pati Tinjau Langsung Lokasi Banjir Bupati Pati bersama Wakil Bupati dan  Setda Pati Tinjau Lokasi...

Semakin Maraknya Heboh Bencana , Bupati Pati Tinjau Langsung Lokasi Banjir
Bupati Pati bersama Wakil Bupati dan  Setda Pati Tinjau Lokasi Banjir

Sentralpatinews.com
Banyaknya pemberitaan yang terlalu heboh di media sosial atau  terkait bencana alam yang terjadi seperti misalnya banjir, mendorong Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), Sekda Pati Suharyono, dan sejumlah pihak terkait meninjau lokasi banjir di  Dukuh Kedawung, Dukuhseti, yang berlokasi dekat Sungai Lenggi.

Dalam sidak yang dilakukan hari ini,
Bupati berharap agar masyarakat tidak mengunggah foto atau video yang terlalu mendramatisir kondisi di lapangan, sehingga membuat masyarakat semakin panik.

"Oleh karena itu, kami yang juga bersama Dandim, BPBD, DPUTR dan PMI datang ke lokasi banjir untuk mengetahui kebenaran kondisi terkini di lokasi banjir. Jangan sampai berita dan informasinya tidak berimbang antara foto atau video yang diunggah di media sosial dengan kenyataan yang ada di lapangan," ujarnya.

Bupati Pati Haryanto juga mengatakan, penyebab banjir itu bermacam-macam diantaranya akibat tanggul jebol, tingginya curah hujan dan lain sebagainya.

Saat ini pihaknya juga sedang melakukan inventarisir kecamatan di Kabupaten Pati yang terdampak banjir, termasuk Kecamatan Kayen, utamanya Desa Kayen yang sering dilanda banjir bandang, meski biasanya hanya bertahan dalam hitungan jam saja.

"Dari wilayah yang terdampak banjir saat ini yang agak besar adalah di Desa Dukuhseti, Dukuh Kedawung. Karena ketika terjadi banjir biasanya berlangsung cukup lama mulai empat hari sampai satu minggu," ungkapnya.

Dengan kondisi demikian, Bupati Pati sudah menurunkan tim untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan masyarakat korban banjir.

Bahkan kalau memang banjir diakibatkan karena tanggul bedah, Pemkab Pati akan melakukan penanganan dengan menurunkan alat berat.

"Tetapi, sementara ini banjir yang terjadi akibat luapan sungai karena debit air yang meningkat diakibatkan curah hujan yang tinggi seperti yang terjadi di Desa Dukuhseti, Dukuh Kedawung," bebernya.

Bupati Pati Haryanto juga berjanji akan melakukan penganggaran untuk normalisasi sungai di sekitar Desa Dukuhseti, Dukuh Kedawung.

 "InsyaAllah karena ini sudah penetapan APBD maka akan kita anggarkan pada anggaran perubahan. Karena, kalau proses pengerukan sungai kan harus dilakukan pada musim kemarau," paparnya.

Bupati menghimbau kades setempat untuk mensosialisasikan kepada warganya yang ada di Dukuh Kedawung, agar jika air semakin besar, warga dapat segera mengungsi.

"Yang terpenting adalah, warga sekitar yang terdampak banjir segera menyelamatkan diri saat banjir. Jangan sampai mempertahankan diri karena menjaga harta, tetapi malah menjadi bahaya ketika bencana banjir membesar," urainya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Dukuhseti, Sukarji membeberkan ada enam Rukun Tetangga (RT) yang terdampak banjir di Dukuh Kedawung dan Dukuh Krajan. Sedangkan kedalaman air di wilayah tersebut mulai dari 50 centimeter hingga satu meter.

"Banjir sudah berlangsung selama dua hari, sedangkan lokasi yang terparah ada di Dukuh Kedawung," terangnya.

Dengan kondisi demikian, lanjutnya, sebagian warga sudah mulai mengungsi. Sedangkan untuk warga yang masih bertahan di rumahnya masing-masing, saat ini aktivitasnya sudah berhenti karena tingginya genangan air serta intensitas hujan yang masih tinggi.

"Kami berharap, segera ada normalisasi di Sungai Lenggi yang ada di dekat Dukuh Kedawung. Sehingga, lokasi tersebut tidak menjadi langganan banjir tahunan," tandasnya. (Hums / LK Pati)

COMMENTS

Nama

12,1,20),1,AGAMA,2,Ali Badrudin,7,Anggota Dewan,2,Anggota DPRD Pati,2,ARUS MUDIK,1,ARUS MUDIK GRATIS,1,Bakaran,1,BANJIR,4,BAZNAS,1,Beringin,1,BERITA PATI,239,BERSIH LINGKUNGAN,1,BUDAYA,9,BUDAYA AGAMA,1,BUDAYA WISATA,1,Bulan Bung Karno,1,DAPIL 1,2,Demo,1,Demokrat,2,Desa Bendar,1,DESA METARAMAN,1,DPC Partai Demokrat,2,DPC PDI Pati,6,EKONOMI,1,FNB,1,GARUDA FOOD,1,Gerindra,1,H. Hardi,1,HANURA,2,Henggar,3,Henggar Budi Anggoro,1,HUKUM,2,HUT TNI,1,Ina Sukawati,1,Irianto Budi Utomo,2,Joni Kurnianto,2,Juana,1,Jum'at Curhat,1,JUWANA,2,Kades,1,Kades Indonesia Bersatu,1,Kapolresta Pati,1,Kartina Sukawati,1,KATANG TARUNA,1,Kecamatan Juana,1,KECAMATAN MARGOREJO,1,KECAMATAN SUKOLILO,1,KECAMTAN JAKENAN,1,KEHUTANAN,2,KEPENDUDUKAN,1,Kesehatan,7,Ketua DPC PDIP Pati,6,Ketua DPRD Pati,6,KODIM 0718 PATI,51,KODIM 0718/PATI,23,KODIM0718PATI,2,KORAMIL 8 / CLUWAK,1,KRIMINAL,1,LALULINTAS,1,LAPAS,1,LINGKUNGAN HIDUP,3,Lomba Mancing,1,LPP,1,MILITER,1,MINTO BASUKI,1,MIRAS,1,NASIONAL,2,Nelayan,2,Nelayan Juwana,1,OLAH RAGA,9,OLAHRAGA,21,Pandoyo,1,Pasopati,1,Pati,1,PDI-P PATI,1,PDIP PATI,3,PDIP.PATI,1,PEDULI NELAYAN,1,Pemdes,1,PEMERINTAH,2,Pemerintah Desa,3,Pemerintaha Desa (23,1,PEMERINTAHAN,15,PEMERINTAHAN DESA,5,PEMILU,4,Pemkab Pati,3,PENDIDIKAN,10,Pendopo Pati,1,Pengadilan Negeri,1,Pengadilan Negeri Pati,1,Perdata,1,PERHUBUNGAN,1,PERISTIWA,4,PERSIT DIM 0718 PATI,1,PERTANIAN,1,Pj Bupati,1,Pj Bupati Pati,2,POLDA JATIM,1,POLITIK,11,POLRES PATI,3,Polresta Pati,1,Posko Demokrat,1,Posko Kesehatan,1,PPDI,1,Prabowo Subianto,1,PROGRAM CSR,1,SAEFUL ARIFIN,1,SAKO PRAMUKA,1,Sarpras,1,Sejarah,1,SMPN TAYU,1,SOSIAL,22,Srikandi Merah,1,Suyono PDIP Pati,1,Wakil Ketua I DPRD Pati,1,
ltr
item
sentralpatinews: Semakin Maraknya Heboh Bencana , Bupati Pati Tinjau Langsung Lokasi Banjir
Semakin Maraknya Heboh Bencana , Bupati Pati Tinjau Langsung Lokasi Banjir
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFkgLiY9qy77hCc6JQhgEaaS4HYEEjNlbBXwefLhyphenhyphenG0m3wGnWHKdzBTZztT41WiWk2Noydo1cQZe3xcE0ollxpTwYkRp4JPgmJeYzuWhzoPRu2gI8ozyXS_MDGt7sZnmGqx1A6xVa8zzc/s640/IMG-20190128-WA0049.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFkgLiY9qy77hCc6JQhgEaaS4HYEEjNlbBXwefLhyphenhyphenG0m3wGnWHKdzBTZztT41WiWk2Noydo1cQZe3xcE0ollxpTwYkRp4JPgmJeYzuWhzoPRu2gI8ozyXS_MDGt7sZnmGqx1A6xVa8zzc/s72-c/IMG-20190128-WA0049.jpg
sentralpatinews
http://www.sentralpatinews.com/2019/01/semakin-maraknya-hoaks-bencana-bupati.html
http://www.sentralpatinews.com/
http://www.sentralpatinews.com/
http://www.sentralpatinews.com/2019/01/semakin-maraknya-hoaks-bencana-bupati.html
true
8495909178236461629
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy