Wednesday, April 29, 2020

Bupati pati Adakan Rakor Covid-19 Minta Sejumlah Pasar Ditata Ulang


Bupati pati Adakan Rakor Covid-19 Minta Sejumlah Pasar Ditata Ulang

Sentralpatinews.com
Pati - Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) dan Sekda Pati Suharyono, serta para staf ahli dan asisten Sekda, hari ini, melaksanakan Rakor dan Evaluasi Penanganan Covid-19 secara daring melalui video teleconference di ruang Pati Command Center (PCC) Setda Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan itu, Bupati  menuturkan bahwa di kabupaten Pati, yang agak sulit untuk menghindari kerumunan salah satunya adalah di pasar.

"Di beberapa daerah di Jawa Tengah pasar sudah ditata dengan baik agar physical distancing tetap diterapkan. Dan kepala Disperindag saya harapkan bisa menerapkannya di Kabupaten Pati", tutur Bupati.


Menanggapi hal itu, Kepala Disperindag Riyoso menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengumpulkan kepala pasar untuk menindaklanjuti instruksi Bupati tersebut.

"Dan kami sudah melakukan pemetaan. Untuk Pasar Puri kita bisa memanfaatkan halaman atau pelataran pasar, kemudian pasar Trangkil bisa melakukan pelebaran. Dan beberapa pasar akan kita petakan lagi.  Sementara jika  pelebaran yang menggunakan ruas jalan kami akan bekerjasama dengan pihak Dishub", jelasnya.

Riyoso pun memohon untuk dapat bekerjasama dengan kepala Satpol PP agar ikut mengkondisikan supaya yang datang ke pasar wajib memakai masker.

"Kami juga butuh waktu beberapa hari untuk memetakan dan berkoordinasi dengan kepala pasar agar instruksi ini disesuaikan dengan kondisi pasar masing-masing. Bisa jadi jam jualan dibuat bergantian atau kalau bisa diperlebar agar nanti physical distancing bisa terjaga", papar Riyoso.
 
Haryanto pun menimpali penjelasan Kepala Disperindag dengan menyinggung soal Pasar Gowangsan. "Kalau memungkinkan di Pasar Rogowangsan bisa memanfaatkan jalan nanti alurnya di putar saja, dan kalau pasar Puri saya setuju di pelataran karena pelataran cukup luas. Dan kami akan menyiapkan tempat cuci tangan di semua pasar", imbuhnya.

Bupati pun meminta agar instruksi tersebut dipetakan secara matang dulu  bekerjasama dengan TNI Polri. 
       ( fn1 /FN /MK / Luky SPn )


Comments


EmoticonEmoticon

Related Post