Sabtu, 20 Juni 2020

PONPES AL HIKAM PATI PONDOK YATIM DHUAFA DITENGAH KOTA



PONPES AL HIKAM PATI
PONDOK YATIM DHUAFA DITENGAH KOTA

Foto : Santri Putri Al Hikam bersama Pengasuh

 Sentralpatinews.com
Terletak di jantung kota Pati, tepatnya di Desa Puri, jl. Tunggul Wulung Gg. Suteja No. 703 Pati 59113 Ponpes Al Hikam Pati bertekat mewujudkan visi mulia, yaitu mencetak kader dakwah yang beriman, bertaqwa, berilmu, beramal, berakhlak mulia dan berjiwa wirausahawan yang mandiri dan profesional.

Foto : Pondok Pesantren Al Hikam

Pondok Pesantren Al Hikam Pati berada dibawah naungan Yayasan Al Haqq Pati (SK. Menhumham No. AHU-04832.50.10.2014) adalah lembaga pendidikan keagamaan, sosial dan kewirausahaan, bersifat independent diutamakan bagi mereka yang berstatus yatim dan atau dhuafa. Tidak dipungut biaya alias gratis uang bulanan.
Berdiri sejak tahun 2010 dengan gedung/rumah pinjaman dari Bapak Bambang Hernowo, yang Alhamdulillah sekarang sudah menjadi milik Yayasan Al Haqq Pati berkat bantuan dan kepedulian para donator.

 Adapun materi pendidikannya  yaitu :
-         Diniyah   : Al-Qur’an, Tafsir, Hadist, Fiqh, Aqidah dan Akhlaq.
-         Skill         : Baca kitab kuning, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Entrepreneur.
-         Attitude : Sholat jamaah, Tahajjud, Dhuha, Puasa Senin Kamis, Tadarus dan
                  team work.
-         Extra      : Rebana, Tilawah, Khithabah, wisata religi, Kaligrafi dan outbond.
Konsep pendidikan yang diajarkan di Ponpes Al Hikam Pati adalah :
-         Muhadhoroh (ceramah)
-         Halaqoh (mentoring)
-         Nadwah (diskusi/dialog)
-         Tathbiyyah (praktikum)

Foto : Pengurus Yayasan Al Haqq Pati

Sebagai pengasuh (mudir) Ponpes Al Hikam adalah KH. Abdullah Munib, Lc, M.Pd. dibantu oleh para ustadz dan para pengurus, kesemuanya mendarma-baktikan ilmu dan pikirannya dengan tanpa ada bayaran, lillahi ta’ala demi generasi mendatang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.
Hidup dan berjalannya Pondok Pesantren Al Hikam Pati adalah berkat dukungan dan kepedulian para simpatisan serta para donator (ada yang tetap, ada yang temporer). Untuk itu, bagi para pembaca yang terketuk dan bermaksud hendak menumpuk pundi-pundi pahala akherat, dipersilakan berdonasi ke Ponpes Al Hikam Puri (infaq, shodakoh dll), Insha Allah amanah dan manfaat.

Selain mondok, santri Al Hikam juga bersekolah di sekolah umum (SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Mahasiswa). Tahun ajaran 2019 – 2020 ini ada 40 santri Al Hikam, untuk tahun ajaran 2020 -2021 masih menerima calon santri baru (gratis) dengan ketentuan :
-         Minimal usia sekolah SMP/MTs.
-         Yatim dan atau dhuafa
-         Bisa mandiri (mandi, makan dan ngurus diri sendiri)
-         Bersedia mentaati peraturan-peraturan Pondok.
Bagi yang berminat bisa datang langsung di alamat sebagaimana tersebut di atas atau lewat on line (Telp/WA : 085225562167 – 085640219165).

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar lokasi pondok khususnya dan masyarakat Pati secara umum, maka dibuka LPQ (Lembaga Pendidikan Qur’an) setiap habis Ashar (hari Jum’at & Minggu libur) yang dibimbing oleh santriwan santriwati Al Hikam.
Selain itu juga ada Pengajian Ahad Pagi yang dilaksanakan setiap hari Minggu, mulai jam 07.00 hingga 08.00 wib (untuk umum) dengan pembicara pengasuh Ponpes Al Hikam Pati, KH. Abdullah Munib, Lc, M.Pd. beserta para ustadz Al Hikam Pati.


    (Luky SPn / Henry Purwanto).
                                                                    







Comments

4 coment�rios

Moga2 banyak santri yang berminat di pondok pesantren Al hikmah ..shg anak cucu kita diharapkan mempunyai ahklak yang mulia,santun ,pinter alquran..


EmoticonEmoticon

Related Post