Kamis, 08 Juli 2021

Pekuwon Gelar Bersih Desa Secara Prokes

 Pekuwon Gelar Bersih Desa Secara Prokes

Sentralpatinews.com

Pati Jayeng  - Tradisi Bersih Desa Pekuwon Kecamatan Juwana diadakan secara sederhana sesuai dengan prokes karena masih dimasa pandemi Covid-19. Ditandai dengan pementasan wayang kulit yang hanya beberapa menit bertempat di balai desa setempat, pada Kamis 8 Juli 2021.

Masripah SE dikonfirmasi mengatakan, bersih desa atau sedekah bumi ini menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya dan menjadi tradisi turun-temurun. Masripah menyebut, Bersih Desa di desa Pekuwon memiliki makna untuk membersihkan diri dan menjauhkan dari mala petaka, maupun mara bahaya.

“Bersih desa ini kami selenggarakan dengan maksud nguri-uri budaya jawa, sekaligus bersih desa di desa Pekuwon merupakan kegiatan sakral yang turun-temurun dari leluhur di desa kami", ujar Kades.

Sementara itu, Sunarko Sekdes Pekuwon mengapresiasi tradisi bersih desa yang dilaksanakan oleh masyarakat. Dengan adanya kegiatan bersih desa ini masyarakat di wilayah Pekuwon dapat nguri-uri sekaligus melestarikan budaya jawa.

Sunarko berharap, dengan diadakannya Bersih Desa ini, seluruh masyarakat dapat terhindar dari segala penyakit, terlebih pandemi Covid-19 segera hilang dari desa Pekuwon dan Bumi Pati.

     ( Imam/SPn )

Comments


EmoticonEmoticon

Related Post